Maksiat Karena Syahwat Dan Maksiat Karena Sombong
KITAB NASHAIHUL IBAD (Bagian 21)
Karya Syaikh Nawawi Al Bantani
MAKSIAT KARENA SYAHWAT DAN MAKSIAT KARENA SOMBONG
بسم الله الرحمن الرحيم
قَالَ الْمُصَنِّفُ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَی
(وَ) الْمَقَالَةُ التَّاسِعَةُ
Dan makalah yang ke 9
(عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ) وَهُوَ شَيْخُ الْإِمَامِ مَالِكٍ
Dari Sufyan Ats Tsauri radhiallahu 'anhu, beliau adalah gurunya Imam Malik :
(كُلُّ مَعْصِيَّةٍ) نَاشِئَةٌ (عَنْ شَهْوَةٍ) أَيْ اشْتِيَاقِ النَّفْسِ إِلَی شَيْءٍ (فَإِنَّهُ يُرْجَی غُفْرَانُهَا) أَيْ الْمَعْصِيَّةِ
Semua maksiat yang timbul dari syahwat, maksudnya kecintaan diri terhadap sesuatu, masih bisa diharapkan ampunannya. Maksudnya maksiat itu.
(وَكُلُّ مَعْصِيَّةٍ) نَشَأَتْ (عَنْ كِبْرٍ) أَيْ دَعْوَی الْفَضْلَ (فَإِنَّهُ لَا يُرْجَی غُفْرَانُهَا لِأَنَّ مَعْصِيَّةَ إِبْلِيْسَ كَانَ أَصْلُهَا) أَيْ الْمَعْصِيَّةِ (مِنَ الْكِبْرِ) يَزْعَمُ أَنَّهُ خَيْرٌ مِنْ سَيِّدِنَا آدَمَ
Dan semua maksiat yang timbul dari kesombongan, maksudnya merasa memiliki keutamaan, tidak bisa diharapkan ampunannya, karena maksiat iblis asalnya dari kesombongan, iblis merasa dirinya lebih baik dari sayyidina Adam.
(وَ) لِأَنَّ (زَلَّةَ) سَيْدِنَا (آدَمَ) عَلَيْهِ السَّلَامُ (كَانَ أَصْلُهَا مِنَ الشَّهْوَةِ) بِسَبَبِ اشْتِيَاقِهِ إِلَی ذَوْقِ ثَمْرَةِ شَجَرَةِ الشَّهْوَةِ الْمَنْهِي عَنْهَا
Dan karena kesalahan sayyidina Adam 'alaihissalam asalnya dari syahwat dengan sebab kesukaannya terhadap rasa buah pohon yang dilarang memakannya.
Halaman : 8
Abdurrachman Asy Syafi'iy
Komentar
Posting Komentar